Halaman Depan
Login Sistem
Dasar Hukum ZI
AREA I
AREA II
AREA III
AREA IV
AREA V
AREA VI
KOMPONEN HASIL
DATA AKREDITASI PN
KUMPULAN SK KPN
PETUNJUK PENGGUNAAN

Memory Usage

32.3%

CPU Usage

140.05

Disk Usage

42.02%

Daily Traffic

62,201

[Sistem Monitoring Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas]

:: Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB ::

Tulislah Apa yang Anda Kerjakan dan Kerjakanlah Apa yang Anda Tulis..!

BAB IV

PETUNJUK PENGGUNAAN

APLIKASI STRONG ZI

APLIKASI SISTEM MONITORING ELEKTRONIK DOKUMEN KONTROL PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

PENGADILAN NEGERI BANGKINANG KELAS IB

Download Buku Petunjuk Penggunaan (User Manual Book) Versi Pdf

1.      Cara Mengakses Aplikasi

Aplikasi Sistem Monitoring Elektronik Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas atau yang di sebut dengan Strong ZI adalah sebuat aplikasi untuk melakukan monitoring dan evaluasi kelengkapan dokumen kontrol pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB, dengan kata lain pengelolaan dokumen secara elektronik pembangunan ZI.

Untuk mengakses dan menggunakan aplikasi tersebut dapat menuliskan pada alamat/ url web broser 192.168.1.150/strongzi dan pada saat hanya dapat di akses dalam jaringan LAN (Local Area Network) PN Bangkinang, setelah alamat tersebut diakses maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 1 dibawah ini.

                                  Gambar 1.    Alamat Aplikasi Strong ZI

Halaman utama Aplikasi Strong ZI terdapat menu untuk login kedalam aplikasi, menu data master yang terdiri dari sub menu data hakim dan pegawai, data susunan tim ZI, data login pengguna, data area, data sub area, data sub area detail, data setting monev ZI, data setting dokumen penyimpanan, data telusuri dokumen.

2.      Proses Login Kedalam Aplikasi Strong ZI

                                           Gambar 2.    Form Login Sistem

Form login sistem ini berfungsi untuk melakukan login sistem bagi Pengguna administrator, operator, pimpinan, pengguna area, koordinator ZI dan tamu. Proses login dengan cara mengetikkan username dan password pada kotak login pada menu utama aplikasi. Untuk melakukan login sistem lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman utama terdapat susunan menu aplikasi di sebelah kiri selanjutnya pilih menu Log In Sistem maka akan muncul form login sistem.

2.    Masukkan username dan password, jika data benar maka akan masuk menu utama dan jika data salah maka akan tampil pesan Login Anda Tidak Benar

3.    Setelah login berhasil tampilan menu utama dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

       Gambar 3.    Menu Utama Aplikasi SIGAPP Setelah Login

Halaman utama aplikasi Strong ZI berisi informasi sebagai berikut:

1.    Menu Master yang berfungsi untuk melakukan proses setting aplikasi, menu ini hanya dapat diakses oleh pengguna administrator dan operator.

a.      Sub menu data hakim dan pegawai, berguna untuk memasukkan data hakim dan pegawai yang ada di Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB kedalam aplikasi Strong ZI

b.      Sub menu data susunan tim ZI, berguna untuk memasukkan data hakim dan pegawai yang masuk kedalam Susunan Tim Pembangunan Zona Integritas berdasarkan SK Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang yang terbaru

c.      Sub menu data login pengguna, berguna untuk memasukkan data login pengguna kedalam sistem, login pengguna terdiri dari administrator, operator, pimpinan, pengguna area ZI, koordinator zi dan tamu

d.      Sub menu data area, berguna untuk memasukkan data Area kedalam sistem

e.      Sub menu data sub area, berguna untuk memasukkan data Sub Area kedalam sistem

f.       Sub menu data sub area detail, berguna untuk memasukkan data Sub Area Deatail kedalam sistem

g.      Sub menu data setting monev ZI, berguna untuk memasukkan data Setting Monev ZI kedalam sistem

h.      Sub menu data setting dokumen penyimpanan, berguna untuk mensetting data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI kedalam sistem

i.        Sub menu data telusuri dokumen, berguna untuk melihat secara fisik dokumen yang telah diupload ke dalam server

2.    Menu Dasar Hukum ZI, berguna untuk menampilkan informasi tentang dasar hukum dan petunjuk dalam pembangunan zona integritas

3.    Menu Area I berfungsi untuk melakukan pengelolaan dokumen kontrol area 1 Manajemen Perubahan pembangunan zona integritas.

4.    Menu Area II berfungsi untuk melakukan pengelolaan dokumen kontrol area 2 Penataan Tatalaksana pembangunan zona integritas.

5.    Menu Area III berfungsi untuk melakukan pengelolaan dokumen kontrol area 3 Penataan Sistem Manajemen SDM pembangunan zona integritas.

6.    Menu Area IV berfungsi untuk melakukan pengelolaan dokumen kontrol area 4 Penguatan akuntabilitas pembangunan zona integritas.

7.    Menu Area V berfungsi untuk melakukan pengelolaan dokumen kontrol area 5 Penguatan Pengawasan pembangunan zona integritas.

8.    Menu Area VI berfungsi untuk melakukan pengelolaan dokumen kontrol area 6 Peningkatan KualitasPelayanan Publik pembangunan zona integritas.

9.    Menu Kompnen Hasil berfungsi untuk melakukan pengelolaan komponen hasil pembangunan zona integritas

10. Menu Data Notulen, berfungsi untuk melakukan pengelolaan data notulen rapat, data laporan, monev dan sebagainnya

11. Menu Pengumuman berfungsi untuk melakukan membuat pesan dan pengumuman

12. Menu Kumpulan SK KPN, berfungsi untuk menampilkan aplikasi JDIH PN Bangkinang yang berisi semua surat keputusan yang di keluarkan oleh Ketua PN Bangkinang

13. Petunjuk Penggunaan berfungsi untuk menampilkan informasi tentang petunjuk penggunaan aplikasi.

3.      Pengelolaan Data Master : Menu Hakim Dan Pegawai

Pengelolaan data master pada menu hakim dan pegawai berfungsi untuk memasukkan data hakim dan pegawai yang ada di Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB kedalam aplikasi Strong ZI, data ini akan dibutuhkan dalam mensetting data Tim ZI dan user pengguna aplikasi. Menu hakim dan pegawai dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Master kemudian memilih sub menu Data Hakim dan Pegawai , maka akan tampil informasi data hakim dan pegawai yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data. Berikut tampilan informasi data hakim dan pegawai sebagaimana gambar dibawah ini.

                     Gambar 4.    Informasi Data Hakim dan Pegawai

a.          Proses Tambah Data Hakim Dan Pegawai

Setelah muncul informasi data hakim dan pegawai maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Untuk melakukan penambahan data hakim dan pegawai baru, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Hakim dan Pegawai pada bagian pojok kanan atas.

2.    Maka akan mucul form tambah data hakim dan pegawai

3.    Lakukan pengisian field data sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka data hakim dan pegawai baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

4.    Dibawah ini form penambahan data hakim dan pegawai baru

              Gambar 5.    Form Tambah Data Hakim dan Pegawai

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Hakim Dan Pegawai

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan data hakim dan pegawai maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data hakim dan pegawai pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sessuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data hakim dan pegawai

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka data hakim dan pegawai telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombolm Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan data hakim dan pegawai.

 

          Gambar 6.    Form Perubahan Data Hakim dan Pegawai

4.      Pengelolaan Data Master : Menu Susunan Tim ZI

Pengelolaan data master pada menu Susunan Tim ZI berfungsi untuk memasukkan data hakim dan pegawai yang masuk kedalam Susunan Tim Pembangunan Zona Integritas berdasarkan SK Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang yang terbaru, data ini akan dibutuhkan dalam hal untuk melakukan pengelolaan data Area Zona Integritas sesuai dengan area masing-masing, masing-masing area ZI hanya dapat di isi dan dirubah oleh anggota Tim ZI sesuai areanya masing-masing. Menu Susunan Tim ZI dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Master kemudian memilih sub menu Data Susunan Tim ZI , maka akan tampil informasi data Susunan Tim ZI yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data. Berikut tampilan informasi data Susunan Tim ZI sebagaimana gambar dibawah ini.

                          Gambar 7.    Informasi Data Susunan Tim ZI

a.          Proses Tambah Data Susunan Tim ZI

Setelah muncul informasi data Susunan Tim ZI maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Untuk melakukan penambahan data Susunan Tim ZIbaru, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Susunan Tim ZI pada bagian pojok kanan atas.

2.    Maka akan mucul form tambah data Susunan Tim ZI

3.    Lakukan pengisian field data sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka data Susunan Tim ZI baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

4.    Dibawah ini form penambahan data Susunan Tim ZIbaru

                    Gambar 8.    Form Tambah Data Susunan Tim ZI

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Susunan Tim ZI

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan data Susunan Tim ZI maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data Susunan Tim ZIpilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sesuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data Susunan Tim ZI

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka data Susunan Tim ZI telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombol Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan data Susunan Tim ZI.

                Gambar 9.    Form Perubahan Data Susunan Tim ZI

5.      Pengelolaan Data Master : Menu Login pengguna

Pengelolaan data master pada menu Login pengguna berfungsi untuk memasukkan data login pengguna kedalam sistem, login pengguna terdiri dari administrator, operator, pimpinan, pengguna area ZI, koordinator zi dan tamu. Menu Login pengguna dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Master kemudian memilih sub menu Data Login pengguna , maka akan tampil informasi data Login pengguna yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data. Berikut tampilan informasi data Login pengguna sebagaimana gambar dibawah ini.

                       Gambar 10.  Informasi Data Login pengguna

a.          Proses Tambah Data Login pengguna

Setelah muncul informasi data Login pengguna maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Untuk melakukan penambahan data Login penggunabaru, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Login pengguna pada bagian pojok kanan atas.

2.    Maka akan mucul form tambah data Login pengguna

3.    Lakukan pengisian field data sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka data Login pengguna baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

4.    Dibawah ini form penambahan data Login penggunabaru

                 Gambar 11.  Form Tambah Data Login pengguna

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Login pengguna

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan data Login pengguna maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data login pengguna pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sesuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data Login pengguna

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka data Login pengguna telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombol Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan data Login pengguna.

             Gambar 12.  Form Perubahan Data Login pengguna

6.      Pengelolaan Data Master : Menu Data Area

Pengelolaan data master pada menu Area berfungsi untuk memasukkan data Area kedalam sistem, Area terdiri dari 6 area ZI yang telah di setting yaitu Manajemen Perubahan (Area I), Penataan Tatalaksana (Area II), Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia (Area IIII), Penguatan Akuntabilitas (Area IV), Penguatan Pengawasan (Area V) dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Area VI). Data area ini sudah diinput oleh operator secara lengkap sehingga tidak perlu lagi di lakukan penambahan data tetapi masih bisa dilakupan perubahan data pada penjelasan atau keterangan dari data area tersebut. Menu Area dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Master kemudian memilih sub menu Data Area , maka akan tampil informasi data Area yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data. Berikut tampilan informasi data Area sebagaimana gambar dibawah ini.

                                        Gambar 13.  Informasi Data Area

a.          Proses Tambah Data Area

Setelah muncul informasi data Area maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Untuk melakukan penambahan data Areabaru, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Area pada bagian pojok kanan atas.

2.    Maka akan mucul form tambah data Area

3.    Lakukan pengisian field data sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka data Area baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

4.    Dibawah ini form penambahan data Areabaru

                                  Gambar 14.  Form Tambah Data Area 

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Area

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan data Area maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data area pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sesuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data Area

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka data Area telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombol Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan data Area.

                              Gambar 15.  Form Perubahan Data Area 

7.      Pengelolaan Data Master : Menu Data Sub Area

Pengelolaan data master pada menu Sub Area berfungsi untuk memasukkan data Sub Area kedalam sistem, Setiap area akan terdiri dari beberapa sub area yaitu

a.      Area I Manajemen Perubahan terdiri dari Pembentukan Tim Kerja, Rencana Pembangunan ZI, Monev ZI WBK/WBBM, Pola Pikir - Budaya Kerja.

b.      Area II Penataan Tatalaksana terdiri dari SOP Kegiatan Utama, E-Office, Keterbukaan Informasi Publik.

c.      Area III Penataan Sistem Manajemen SDM terdiri dari Perencanaan Kebutuhan Pegawai, Pola Mutasi Internal, Pengembangan Pegawai, Penetapan Kinerja Individu, Penegakan Disiplin, Sistem Informasi Kepegawaian.

d.      Area IV Penguatan Akuntabilitas terdiri dari Keterlibatan Pimpinan, Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja.

e.      Area V Penguatan Pengawasan terdiri dari Pengendalian Gratifikasi, Penerapan SPIP, Pengaduan Masyarakat, Whistle-Blowing System, Penanganan Benturan Kepentingan, Penyampaian LHKPN/LHKASN dan

f.        Area VI Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik terdiri dari Standar Pelayanan, Budaya Pelayanan Prima, Penilaian Kepuasan Pelayanan

Data Sub Area ini sudah diinput oleh operator secara lengkap sehingga tidak perlu lagi di lakukan penambahan data tetapi masih bisa dilakupan perubahan data pada penjelasan atau keterangan dari data Sub Area tersebut. Menu Sub Area dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Master kemudian memilih sub menu Data Sub Area , maka akan tampil informasi data Sub Area yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data. Berikut tampilan informasi data Sub Area sebagaimana gambar dibawah ini.

                                  Gambar 16.  Informasi Data Sub Area

a.          Proses Tambah Data Sub Area

Setelah muncul informasi data Sub Area maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Untuk melakukan penambahan data Sub Areabaru, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Sub Area pada bagian pojok kanan atas.

2.    Maka akan mucul form tambah data Sub Area

3.    Lakukan pengisian field data sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap kemudian pilih nama area dan pilih nama komponen

4.    selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka data Sub Areabaru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

5.    Dibawah ini form penambahan data Sub Areabaru

                           Gambar 17.  Form Tambah Data Sub Area

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Sub Area

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan data Sub Area maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data sub area pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sesuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data Sub Area

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka data Sub Area telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombol Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan data Sub Area.

 

                       Gambar 18.  Form Perubahan Data Sub Area

8.      Pengelolaan Data Master : Menu Data Sub Area Detail

Pengelolaan data master pada menu Sub Area Detail berfungsi untuk memasukkan data Sub Area Detail kedalam sistem, Setiap Area akan terdiri dari beberapa sub Area dan setiap sub area terdiri dari beberapa sub area detail. Data Sub Area Detail ini sudah diinput oleh operator secara lengkap sehingga tidak perlu lagi di lakukan penambahan data tetapi masih bisa dilakupan perubahan data pada penjelasan atau keterangan dari data Sub Area Detail tersebut. Menu Sub Area Detail dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Master kemudian memilih sub menu Data Sub Area Detail , maka akan tampil informasi data Sub Area Detail yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data. Berikut tampilan informasi data Sub Area Detail sebagaimana gambar dibawah ini.

                         Gambar 19.  Informasi Data Sub Area Detail

a.          Proses Tambah Data Sub Area Detail

Setelah muncul informasi data Sub Area Detail maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Untuk melakukan penambahan data Sub Area Detail baru, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Sub Area Detail pada bagian pojok kanan atas.

2.    Maka akan mucul form tambah data Sub Area Detail

3.    Lakukan pengisian field data sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap kemudian pilih nama sub area, nama Area dan pilih nama komponen

4.    selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka data Sub Area Detail baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

5.    Dibawah ini form penambahan data Sub Area Detail baru

                  Gambar 20.  Form Tambah Data Sub Area Detail

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Sub Area Detail

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan data Sub Area Detail maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data sub area detail pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sesuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data Sub Area Detail

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka data Sub Area Detail telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombol Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan data Sub Area Detail.

 

              Gambar 21.  Form Perubahan Data Sub Area Detail

9.      Pengelolaan Data Master : Menu Data Setting Monev ZI

Pengelolaan data master pada menu Setting Monev ZI berfungsi untuk memasukkan data Setting Monev ZI kedalam sistem, gunanya adalah untuk menandai dokumen yang akan dikontrol monitoring dan evaluasinya secara berkala atau setiap berapa bulan dokumen tersebut harus di update, pada data sub area detail akan di lakukan pemilihan mana data tersebut akan akan dilakukan kegiatan secara berkala seperti monev berkala, tindak lanjut monev, sosialisasi secara berkala atau laporan yang di susun secara berkala dan lain sebagainya.

Selanjutnya setelah dilakukan Setting Monev ZI ini untuk sub area detail maka dokumen yang tidak lengkap akan memberikan indikator peringatan untuk kelengkapan dokumen kontrol, terdapat 2 peringatan yaitu warna kuning jika pembaharuan dokumen kurang dari 5 hari dan warna merah jika dokumen tersebut telah melebihi waktu yang di tetapkan harus diperbaharui.

Menu Setting Monev ZI dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Master kemudian memilih sub menu Data Setting Monev ZI , maka akan tampil informasi data Setting Monev ZI yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data. Berikut tampilan informasi data Setting Monev ZI sebagaimana gambar dibawah ini.

                       Gambar 22.  Informasi Data Setting Monev ZI

a.          Proses Tambah Data Setting Monev ZI

Setelah muncul informasi data Setting Monev ZI maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Untuk melakukan penambahan data Setting Monev ZI baru, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Setting Monev ZI pada bagian pojok kanan atas.

2.    Maka akan mucul form tambah data Setting Monev ZI

3.    Lakukan pengisian field data sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap kemudian pilih nama sub area, nama Area dan pilih nama komponen

4.    selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka data Setting Monev ZI baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

5.    Dibawah ini form penambahan data Setting Monev ZI baru

                Gambar 23.  Form Tambah Data Setting Monev ZI

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Setting Monev ZI

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan data Setting Monev ZI maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data setting monev ZI pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sesuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data Setting Monev ZI

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka data Setting Monev ZI telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombol Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan data Setting Monev ZI.

            Gambar 24.  Form Perubahan Data Setting Monev ZI

10.   Pengelolaan Data Master : Menu Data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI

Pengelolaan data master pada menu Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI berfungsi untuk mensetting data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI kedalam sistem, gunanya adalah setiap dokumen yang diupload kedalam server aplikasi dan tersimpan di server maka dokumen tersebut akan tersimpan diserver dengan di kelompokkan dalam folder-folder sesuai dengan kelompok area, sub area dan sub area detail, sehingga ini memudahkan jika seaktu-waktu akan dilakukan backup atau pengambilan dokumen kontrol dari server maka file dokumen tersebut sudah tertata dengan baik dalam folder-folder dokumen.

Menu Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Master kemudian memilih sub menu Data Lokasi Penyimpanan , maka akan tampil informasi data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data. Berikut tampilan informasi data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI sebagaimana gambar dibawah ini.

Gambar 25.  Informasi Data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI

a.          Proses Tambah Data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI

Setelah muncul informasi data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Untuk melakukan penambahan data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI baru, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Lokasi Penyimpanan Dokumen pada bagian pojok kanan atas.

2.    Maka akan mucul form tambah data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI

3.    Lakukan pengisian field data sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap kemudian pilih nama sub area, nama Area dan pilih nama komponen

4.    selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

5.    Dibawah ini form penambahan data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI baru

Gambar 26.  Form Tambah Data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sesuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombol Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI.

Gambar 27.  Form Perubahan Data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI

11.      Pengelolaan Data Master : Menu Data Telusuri Dokumen

Pengelolaan data master pada menu Telusuri Dokumen berfungsi untuk melihat secara fisik dokumen yang telah diupload ke dalam server, gunanya adalah bahwa dokumen tersebut dapat dipastika tersimpan secara terstruktur sesuai dengan setting data Lokasi Penyimpanan Dokumen ZI, sehingga menu ini adalah menu untuk memastikan dokumen-dokumen elektronik tersimpan dengan baik didalam hardisk server.

Menu Telusuri Dokumen dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Master kemudian memilih sub menu Data Telusuri Dokumen , maka akan tampil informasi data Telusuri Dokumen yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan pengaturan terhadap dokumen tersebut misalkan melakukan penghapusan data secara manual didalam server, proses ini perlu dilakukan untuk dokumen-dokumen yang telah kadaluarsa sehingga dokumen tersebut tidak bermanfaat/ tidak berguna lagi bahkan menjadi sampah didalam server. Berikut tampilan informasi data Telusuri Dokumen sebagaimana gambar dibawah ini.

                     Gambar 28.  Informasi Data Telusuri Dokumen

a.          Proses Pengaturan Data Telusuri Dokumen

Untuk melakukan pengaturan data Telusuri Dokumen maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data Telusuri Dokumen pilih data yang akan di atur dengan cara menekan tombol Atur sesuai baris data yang akan dilakukan pengaturan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data Telusuri Dokumen

3.    Jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombol Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

4.    Dibawah ini form perubahan data Telusuri Dokumen.

          Gambar 29.  Form Perubahan Data Telusuri Dokumen

12.   Pengelolaan Data Dokumen Kontrol Pembangunan ZI Area I s.d Area VI

Pengelolaan data dokumen kontrol pembangunan zona integritas pada halaman utama aplikasi Strong ZI telah di tampilkan 6 area ZI yaitu:

a.      Menu Area I Manajemen Perubahan, didalamnya terdiri dari Sub Menu Pembentukan Tim Kerja, Rencana Pembangunan ZI, Monev ZI WBK/WBBM, Pola Pikir - Budaya Kerja.

b.      Menu Area II Penataan Tatalaksana, didalamnya terdiri dari Sub Menu SOP Kegiatan Utama, E-Office, Keterbukaan Informasi Publik.

c.      Menu Area III Penataan Sistem Manajemen SDM, didalamnya terdiri dari Sub Menu Perencanaan Kebutuhan Pegawai, Pola Mutasi Internal, Pengembangan Pegawai, Penetapan Kinerja Individu, Penegakan Disiplin, Sistem Informasi Kepegawaian.

d.      Menu Area IV Penguatan Akuntabilitas, didalamnya terdiri dari Sub Menu Keterlibatan Pimpinan, Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja.

e.      Menu Area V Penguatan Pengawasan, didalamnya terdiri dari Sub Menu Pengendalian Gratifikasi, Penerapan SPIP, Pengaduan Masyarakat, Whistle-Blowing System, Penanganan Benturan Kepentingan, Penyampaian LHKPN/LHKASN dan

f.        Menu Area VI Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, didalamnya terdiri dari Sub Menu Standar Pelayanan, Budaya Pelayanan Prima, Penilaian Kepuasan Pelayanan

Masing-masing area mempunyai proses pengelolaan data yang sama, data area, sub area dan sub area detail di tampilkan sesuai dengan pengelompokannya. Menu Area ZI dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu salah satu area ZI kemudian memilih sub area, maka akan tampil informasi dokumen kontrol pembangunan ZI yang didalamnya terdapat informasi sistem monitoring elektronik dokumen kontrol dalam bentuk sistem peringatan (warning system). Terdapat 2 (dua) peringatan yaitu warna kuning jika pembaharuan dokumen kurang dari 5 hari dan warna merah jika dokumen tersebut telah melebihi waktu yang di tetapkan harus diperbaharui.

Didalam menu Area ZI ini terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data dokumen kontrol. Proses penambahan, perubahan dan hapus data dokumen kontrol hanya dapat dilakukan oleh pengguna masing-masing area ZI, sehingga pengguna area Zi tidak bisa melakukan penambahan dan perubahan dokumen kontrol area lain. Berikut tampilan informasi area pembangunan zona integritas dari area 1 s.d area 6 sebagaimana gambar dibawah ini.

Gambar 30.  Informasi Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas

a.          Proses Tambah Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas

Pada halaman utama aplikasi Strong ZI maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman utama pilih Area ZI (sesuai dengan hak akses pengguna masing-masing) maka akan tampil informasi Lembar Kerja Evaluasi Zona Integritas (ZI) Menuju WBK/WBBM.

2.    Pilih link simbol icon Pdf sesuai bari data yang akan di lakukan penambahan atau perubahan data maka akan muncul Informasi Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas

3.    Untuk melakukan penambahan file Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Dukung Dokumen Kontrol pada bagian pojok kanan atas.

4.    Maka akan mucul form tambah Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas

5.    Lakukan pengisian tanggal dan nama dokumen, jenis dokumen, status dokumen dan upload file pdf, docx, ppts dan lainnya secara benar dan lengkap

6.    selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

7.    Dibawah ini form penambahan Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas:

Gambar 31.  Form Tambah Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sesuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombol Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas.

           Gambar 32.  Form Perubahan Data Dokumen Kontrol

Pembangunan Zona Integritas

13.   Pengelolaan Data Dokumen Kontrol Pembangunan ZI Komponen Hasil

Pengelolaan data dokumen kontrol pembangunan zona integritas pada komponen hasil pada halaman utama aplikasi Strong ZI yaitu:

a.      Sub menu Pemerintah Yang Bersih Dan Bebas KKN yang terdiri dari data Nilai Survey IPK dan Temuan Pemeriksaan Ditindaklanjuti

b.      Sub Menu Kualitas Pelayanan Publik yang terdiri dari data Nilai Survey IKM

Didalam menu Area ZI ini terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data dokumen kontrol Pembangunan ZI Komponen Hasil. Berikut tampilan informasi data dokumen kontrol pembangunan zona integritas pada komponen hasilsebagaimana gambar dibawah ini.

Gambar 33.  Informasi Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas

Komponen Hasil

a.          Proses Tambah Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil

Pada halaman utama aplikasi Strong ZI maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman utama pilih menu Komponen Hasil

2.    Pilih link simbol icon Pdf sesuai bari data yang akan di lakukan penambahan atau perubahan data maka akan muncul Informasi Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil

3.    Untuk melakukan penambahan file Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Dukung Dokumen Kontrol pada bagian pojok kanan atas.

4.    Maka akan mucul form tambah Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil

5.    Lakukan pengisian tanggal dan nama dokumen, jenis dokumen, status dokumen dan upload file pdf, docx, ppts dan lainnya secara benar dan lengkap

6.    selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

7.    Dibawah ini form penambahan Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil:

Gambar 34.             Form Tambah Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas

Komponen Hasil

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan Dokumen Kontrol Pembangunan Zona IntegritasKomponen Hasil maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sesuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombol Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil.

             Gambar 35.         Form Perubahan Data Dokumen Kontrol Pembangunan Zona Integritas Komponen Hasil 

14.   Pengelolaan Data Notulen

Pengelolaan data Notulen berfungsi untuk memasukkan data notulen kegiatan kedalam aplikasi, notulen tediri dari Notulen Rapat, Notulen Sosialisasi, Notulen Monev yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB, semua dokumen terkait notulen yang dibuat oleh kesekretariatan maupun kepaniteraan seluruhnya harus di upload kedalam aplikasi Strong ZI sehingga Tim Area ZI yang membutuhkan bisa langsung didownload menjadi dokumen kontrol tanpa harus meminta kepada ruangan yang membuat notulen tersebut sehingga ini lebih efektif dan efisien dalam mengumpulkan kelengkapan dokumen kontrol. Menu Notulen dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Notulen kemudian memilih salah satu sub menu yaitu Sub Menu Notulen Rapat, Sub Menu Notulen Sosialisasi atau Sub Menu Notulen Monev maka akan tampil informasi Notulen yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data. Berikut tampilan informasi Data Notulen sebagaimana gambar dibawah ini.

                                    Gambar 36.  Informasi Data Notulen

a.          Proses Tambah Data Notulen

Setelah muncul informasi Data Notulen maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Untuk melakukan penambahan Data Notulen baru, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Notulen pada bagian pojok kanan atas.

2.    Maka akan mucul form tambah Data Notulen

3.    Lakukan pengisian field data sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka Data Notulen baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

4.    Dibawah ini form penambahan Data Notulen baru

                             Gambar 37.  Form Tambah Data Notulen

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Notulen

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan Data Notulen maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi Data Notulen pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sessuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan Data Notulen

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka Data Notulen telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombolm Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan Data Notulen.

                         Gambar 38.  Form Perubahan Data Notulen

15.   Pengelolaan Data Pengumuman

Pengelolaan data Pengumuman berfungsi untuk memasukkan data Pengumuman kegiatan kedalam aplikasi, Pengumuman tediri dari Pengumuman pemberitahuan/perintah/instruksi pimpin dan pengumuman pesan yang di posting oleh pimpinan atau kordinator ZI, menu ini sangat penting untuk memotifasi atau dukungan kepada para Tim ZI untuk melaksanakan pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Menu Pengumuman dapat ditampilkan melalui halaman utama dengan memilih menu Data Pengumuman kemudian memilih salah satu sub menu yaitu Sub Menu Pemberitahuan/Perintah atau Sub Menu informasi pesan maka akan tampil informasi Pengumuman yang didalamnya terdapat fasilitas untuk melakukan penambahan, perubahan dan hapus data. Berikut tampilan informasi Pengumuman sebagaimana gambar dibawah ini.

                           Gambar 39.  Informasi Data Pengumuman

a.          Proses Tambah Data Pengumuman

Setelah muncul informasi Pengumuman maka pengguna dapat melakukan penambahan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Untuk melakukan penambahan Data Pengumuman baru, dapat dilakukan dengan menekan tombol Tambah Data Pengumuman pada bagian pojok kanan atas.

2.    Maka akan mucul form tambah Data Pengumuman

3.    Lakukan pengisian field data sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Simpan . Maka Data Pengumuman baru telah tersimpan dan terkirim pada database sistem.

4.    Dibawah ini form penambahan Data Pengumuman baru

                     Gambar 40.  Form Tambah Data Pengumuman

b.         Proses Perubahan dan Hapus Data Pengumuman

Untuk melakukan perubahan dan penghapusan Data Pengumuman maka pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.    Pada halaman informasi Data Pengumuman pilih data yang akan dirubah dengan cara menekan tombol Edit sessuai baris data yang akan dilakukan perubahan atau penghapusan data.

2.    Maka akan mucul form perubahan Data Pengumuman

3.    Lakukan perubahan data yang sesuai dengan nama field nya secara benar dan lengkap selanjutnya tekan tombol Ubah . Maka Data Pengumuman telah berhasil dirubah dan tersimpan didalam database sistem.

4.    Sedangkan jika data akan dihapus maka pengguna dapat menekan tombolm Hapus sehingga data tersebut terdapat dari database sistem.

5.    Dibawah ini form perubahan Data Pengumuman.

 

                 Gambar 41.  Form Perubahan Data Pengumuman

16.   Menu Kumpulan SK KPN

Menu Kumpulan SK Ketua PN Bangkinang berfungsi untuk menampilkan aplikasi JDIH PN Bangkinang yang berisi semua surat keputusan yang di keluarkan oleh Ketua PN Bangkinang. Aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Pengadilan Negeri Bangkinang adalah aplikasi inovasi pelayanan dalam bidang hukum yang memberikan informasi publik kepada masyarakat tentang peraturan perundang-undangan yang dapat diakses melalui http://www.jdih.pn-bangkinang.go.id semua peraturan MA RI seperti Peraturan MA, Surat Edaran MA, Keputusan MA dan SK KPN Bangkinang dapat di akses dalam JDIH ini.

Didalam aplikasi Strong ZI terdapat fasilitas untuk menuju link aplikasi JDIH PN Bangkinang karena didalam dokumen kontrol pembangunan Zona Integritas juga dibutuhkan data dukung berupa Surat Keputusan (SK) Ketua PN Bangkinang Kelas IB.

 

Gambar 42.  Form Halaman Depan dengan Menu Kumpulan SK Ketua PN

Setelah menu Kumpulan SK KPN di klik maka akan ditampilkan aplikasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Pengadilan Negeri Bangkinang

                      Gambar 43.  Form JDIH PN Bangkinang Kelas

 

=== SEMOGA MUDAH DI PAHAMI ====

 


img-chat
Test Your Bot